MENYIASATI TEKANAN AIR PDAM YANG TIDAK STABIL



MENYIASATI TEKANAN AIR PDAM YANG TIDAK STABIL

Saya tinggal di wilayah Denpasar Barat ( Bali). Di rumah saya sudah lama menggunakan air sumur, dari sumur tradisional sampai sumur bor. tapi karena kwalitas air di daerah saya buruk akhirnya saya bersama saudara saya bersamaan daftar sambungan air PDAM, tapi sebelumnya kami survey dulu ke tetangga yang sudah pakai PDAM karena setahu saya sebelumnya tekanan air PDAM di daerah saya lemah. tapi dari informasi tetangga , belakangan  air PDAM dari segi kwalitas Bagus cuma untuk tekanan airnya yang lemah terutama pada jam-jam sibuk pemakaian ( pagi dari jam 0600-0800, sore 0500-0800).Tapi pada saat sepi pemakai apalagi malam hari dari jam 2200-0500 tekanan airnya sangat kuat, saya pikir ini tak jadi masalah karena kita bisa manfaatkan tangki air ( Tandon ) yang sudah ada. beberapa hari mencari cara akhirnya saya menggunakan cara seperti gambar 1 (GB.1) dibawah.
Yang membuat saya sebelumnya berpikir keras adalah agar saya benar-benar bisa beralih ke air PDAM
tanpa menggunakan pompa air sama sekali ( kecuali ada gangguan dari PDAM lebih dari sehari),
karena tarif listrik yang makin mahal.  

Sebelumya saya siapkan bahan -bahan utamanya:

1. Tangki air (tandon)















2. pipa pvc beserta asesorisnya ( sock, knee, lem pvc, sealtape, ampelas)


3. stop kran  

















4. check valve ( agar air mengalir satu arah saja)


















5. pelampung (otomatis menutup air jika penuh)











(GB.1 )

KETERANGAN GAMBAR.1
  1. METERAN PDAM
  2. CHECK VALVE ( MENAHAN ARUS BALIK AIR )
  3. PIPA AIR MENUJU KRAN DI HALAMAN ,TANGKI DAN SALURAN RUMAH ATAU SEBALIKNYA DARI TANGKI MENUJU KRAN DI HALAMAN
  4. KRAN DI HALAMAN RUMAH
  5. STOP KRAN (Boleh ada boleh tidak karena air bisa ditutup dari meteran PDAM )
  6. SALURAN PIPA AIR MENUJU TANGKI
  7. TANGKI AIR
  8. PELAMPUNG ( MENGHENTIKAN ALIRAN AIR JIKA TANGKI PENUH)
  9. SALURAN AIR KELUAR
  10. CHECK VALVE ( MENAHAN AIR NAIK KE TANGKI )
  11. STOP KRAN ( WAJIB DIPASANG SEBAGAI EMERGENCY STOP JIKA ADA SALURAN DI RUMAH YANG TIBA-TIBA BOCOR ) ATAU AKAN MEMPERBAIKI SALURAN
  1. SALURAN AIR MENUJU RUMAH
Cara kerjanya seperti dibawah ini (Keterangan GB.1)

A. PADA SAAT TEKANAN AIR PDAM KUAT
 Air mengalir ke langsung ke saluran rumah ( dari no.1 ke no.12 )dan juga naik mengisi tangki air (dari no.1 ke no.6 dan 7) dan otomatis distop oleh pelampung (no.8)jika air penuh . Check valve (no.10) berfungsi  untuk menahan air agar tidak masuk ke tangki lewat bawah (saluran keluar air no.9) 
// HATI-HATI JIKA TANPA CHECK VALVE (no.10) PADA SAAT TEKANAN AIR PDAM KUAT AKAN MENENDANG DAN TERUS MENGISI TANGKI DARI SALURAN KELUAR SAMPAI MELUAP TANPA ADA ALAT YANG MENAHAN DAN TANPA ANDA KETAHUI APALAGI DIMALAM HARI SAAT TIDUR, AIR PDAM YANG ANDA BAYAR AKAN TERBUANG//
Pastikan di rumah anda menggunakan stop kran yang berkwalitas ( tidak harus mahal) agar tidak mudah bocor dan kuat menutup tekanan air PDAM saat tekanannya kuat.
B. PADA SAAT TEKANAN AIR PDAM LEMAH
Air yang ada di tangki secara otomatis akan mengambil alih tugas mengalir ke saluran rumah
Karena saya khawatir air dari tangki saya yang lebih kuat mendorong dan mengalahkan tekanan air dari PDAM makanya saya juga pasang check valve pada saluran setelah meteran PDAM (no.2), agar air dari tangki tidak mengalir sebaliknya menuju keluar rumah.
( walau hal ini saya tidak bisa buktikan karena arah aliran air tidak bisa saya lihat di dalam pipa, tapi apa salahnya kita jaga-jaga agar tidak rugi karena ada yang bilang meteran PDAM sekarang walaupun aliran airnya bolak balik tapi jalan meterannya tetap maju, coba saja anda putar-puta kaca meteran,bagaimanapun posisinya putaran balingnya tetap satu arah)
Bagi anda yang punya dana lebih yang pemakaian air lebih banyak pertimbangkan juga menggunakan dua tangki untuk cadangan air lebih banyak.
Untuk pemasanga pipa keluarnya bisa disatukan dengan tangki pertama atau bisa dipisah
dengan cara seperti gambar dibawah.( GB.2)  


(GB.2)
 
Oh ya saya hampir lupa menyarankan agar memperhatikan ketinggian tangki air, minimal tingginya
sama dengan atap rumah,apalagi yang rumahnya berlantai dua. Saya rasa tangki dengan ketinggian
10-12 meter masih bisa diisi oleh tekanan air yang kuat di malam hari, ( saya tidak tahu pasti seberapa tinggi maksimum kekuatan tekanan tersebut bisa mengisi) dan yang penting adalah kita mendapatkan air bersih dan menghemat listrik (tanpa pompa air).
Dengan cara ini kita tetap mendapatkan jumlah dan tekanan air susuai kebutuhan ,
Salam
Yudistira
gandivashare.blogspot

Komentar

  1. Jika ada komentar/tambahan/koreksi silakan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagaimana jika menggunakan mesin pompa air sebelum masuk tandon air

      Hapus
    2. Untuk yang menggunakan pompa sebelum masuk tandon gambar/ sketsa menyusul ya, krn saya harus pake laptop atau Pc utk updatenya, kalau spt sekarang pake hape agak ribet

      Hapus
    3. Mas Regita..bisa baca pada tulisan saya
      http://gandivashare.blogspot.co.id/2016/03/pasang-pompa-sebelum-ke-tandon.html

      Hapus
  2. Thanks masukan yg bagus buat sy yg lg mau renov, & kondisi pengairannya sm sperti yg di bahas

    BalasHapus
  3. Saya sdh menerapkan hal itu tapi kenapa air meluber dari toren. Ternyata poin 10 belum terpasang. Trimakasih mas Yudistira. :)

    BalasHapus
  4. Halo mas. Berawal dari sering lupa mematikan keran PAM, akhirnya saya eksperimen sendiri dan ternyata sama persis dengan instalasi yang mas share.

    Tapi problemnya sekarang, check valve yang saya pasang ternyata terlalu keras, jadi tekanan air dari keran tidak cukup kuat untuk membuat check valve membuka dan mengalirkan air ke rumah.

    Kalau aliran dari pam sudah bisa di stop oleh check valvenya untuk menuju toren, jadi pengisian sudah lewat atas dan dilengkapi dengan floating valve.

    Mohon info check valve apa yang digunakan. Karena seperti yang saya jelaskan tadi, tekanan dari toren tidak cukup kuat untuk mengalir melalui check valve tadi. Saya pakai check valve 1/2 inch merk onda bahan kuningan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang ada beberapa merk Valve, yang saya pakai merek Kit, pernya tidak terlalu kaku, sehingga tekanan air yang kecil sudah bisa mendorong/membukanya. Yang agak murahan kadang pernya kaku/ keras. Semoga membantu

      Hapus
    2. saya pake merk onda...lumayan keras....akhirnya per saya cabut.....jadi lancar deh ....fungsi tetap berjalan lancar.

      Hapus
    3. Saya pakai Kitz yang Tusen dan, namun saat tekanan air PDAM kuat di malam hari, malah meluber, sepertinya masuk dari saluran keluar toren ke rumah.

      Hapus
  5. Dimana pelampung stop airnya pak,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk yang di Tandon ada pelampung seperti no.8

      Hapus
  6. Bagus sekali, saya juga akan mempraktekan ini kebetulan.. terimakasih sudah share

    BalasHapus
  7. trims... sgt membantu sekali untuk sumber air dr PAM

    BalasHapus
  8. Klo skema dari pipa pdam langsung menggunakan pompa tanpa tandon gimana gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://gandivashare.blogspot.co.id/2016/03/pasang-pompa-sebelum-ke-tandon.html

      dari pompa langsung ke saluran rumah

      Hapus
  9. Maaf mas kebetulan dirumah saya kasus nya sama dan instalasi air sudah terpasang seperti gambar tersebut tp tanpa check valve. Kondisi saat ini yaitu saat tengah malam pun air tidak mampu naik sampai keatas (kondisi rumah dua lantai), padahal tekanan air sudah cukup kuat. Air terhenti di lantai dua dan tidak mampu mendaki sedikit lagi hingga ke dalam tandon. Apa dengan diberi check valve akan ada pengaruh untuk lebih membantu air sampai ke dalam tandon air?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru baca,
      Valve yg bagus setahu saya pernya tidak kaku sehingga tdk begitu mengurangi tekanan air. Mungkin akan lebih bagus jika valve dipasang pada saluran pipa datar, bukan pada pipa vertikal ke tandon. Jika tekanan masih kurang kuat bisa dibantu dgn pompa.

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. makasih banyak mas yudhistira.....pas banget saya lagi cari2 cara problem air pdam yang kecil alirannya......akan saya coba.....

    BalasHapus
  12. Masukkan komentar Artikel ini sangat memuaskan bagi sy, maaf kalau boleh sy menambahkan ;
    Utk rumah daerah pegunungan sebaiknya / sangat dianjurkan tanki air dilengkapi juga dgn pipa luberan (over flowing pipe) yg dialirkan ke bak mandi atau bak air semacamnya spy aman & nyaman, krn sepengetahuan sy tutup tangki tdk bisa rapat sepenuhnya terlebih dr tekanan PDAM & pompa, di daerah pegunungan disaat2 tertentu tekanan air PDAM bisa mengalir sangat kencang & itu membuat katup pelampung bekerja sangat extra sehingga engselnya mudah aus & rusak, sy sdh coba pakai yg berharga 60rb sampai yg 250rb keawetannya hampir sama, cuma bertahan 1 tahun saja.
    Saat air tanki tiba2 luber, luberan turun ke bak mandi krn kamar mandi adlh salah satu ruangan yg paling sering diakses maka penghuni akan cepat mengetahui, kemudian tinggal tutup stoper, utk sementara sistim jadi manual buka-tutup stoper dulu sesuai kebutuhan sampai ada perbaikan.
    Apalagi bagi keluarga kecil yg sibuk ada kalanya pelampung otomatis rusak disaat rumah kosong atau belum adanya kesempatan kita utk memperbaiki / mengganti.
    Hal itu dr pengalaman sy yg sering bepergian & penghuni rumah adalah perempuan sedangkan tanki air berada diatas plafon kamar mandi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih tambahannya Mas...memang betul kalo tangki air itu apalagi yang plastik tutupnya kurang rapat, seperti yang sering saya alami, air sering meluber walaupun sudah ada pelampung penutup terutama waktu tengah malam saat air sangat kencang

      Hapus
  13. Saya sudah pake skema yg di atas. Check valve juga saya pake di pipa horisontal bukan vertikal . Tapi kenapa air dari tandon gak bisa turun ke saluran keluar ya ketika PDAM mati. Harus PDAM nyala baru air bisa keluar dari tandon

    BalasHapus
  14. terima kasih mas yudistira sudah saya aplikasikan di rumah, akan tetapi sedikit saya modifikasi saat air keluar dr tandon saya tambah booster untuk menambah tekanan air....permasalahannya kadang air masuk lagi ( booster tetap menyala ) sedangkn semua kran dalam kondisi tertutup...ternyata air mengalir lagi masuk ke tandon lewat jalur masuk ke tandon....mungkin mas yudistrira ada solusinya

    BalasHapus
  15. untuk tipe check valve yg bagus digunakan untuk aliran dari tandon ke kran rumah apa ya? klep tusen atau klep tabok ? soalnya tekanannya pasti lebih lemah ketimbang dengan pompa dikhawatirnya chack valve tidak terbuka atau bekerja

    BalasHapus
  16. Gan apakah ada contact yg bisa dihubungi ? Saya kesulitan untuk menstabilkan volume air yg keluar dengan sistem gravitasi untuk usaha gan.. mungkin kita bisa diskusi bersama berbagi ilmu.. ada contact WA bisa di email ke thirteenthfloor92@gmail.com thx gan..

    BalasHapus
  17. Aduh cakep banget ini penjelasanya.
    Terimakasih pak atas artikel yang sangaaat membantu.

    Apakah ada denda tertentu apabila kita menggunakan pompa air sebagai pendorong air menuju tandon?

    Thank

    BalasHapus
  18. Kalau utk point 10 (checkvalve) bagus yg type apa,? Model tabok atau tusen karna posisi pipa kan vertikal... Kl make model tusen apakah kuat tekanan air dari toren utk menekan per nya pak?...

    BalasHapus
  19. Ditempat saya tidak berhasil, pada saat air PDAM kuat, air masuk ke toren dari bawah sehingga meluber karena valve (no 10) tidak bisa menutup sempurna (karena ada tekanan air toren vs air PDAM sehingga valve tidak menutup full)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga bernasib sama
      Sudah pakai merk Kitz dll, tetap gagal. Gmn ni?

      Hapus
  20. thanks gan tips nya, selain cara di atas, bisa juga dengan memberikan klem sadel
    tambahan pada pompa untuk memperkuat sambungan pompa dengan pipa air.

    BalasHapus
  21. agar klep bisa terbuka dengan tekanan air yg rendah, bisa pake check valve/klep tabok yg prinsip kerjanya mengayun tanpa per, sehingga mudah membuka/menutup

    BalasHapus
  22. Sya pake chek valve yg model tabok sama2 one way juga... Tapi kenapa kok valve nya g bisa nutup normal dia bingung buka tutup kedorong dan kebuka jadi bunyi cetak2 berisik jadinya... Mohon pencerahanya

    BalasHapus
  23. Aplikasi diatas serupa dengan yang saya pakai. Saya memakai kombinasi 2 tabok

    Tabok 1 dipasang setelah meter pdam, jadi saat tekanan pdam lemah, air dari tandon tidak keluar lagi melalui meter ke pipa utama pdam

    Tabok 2 dipasang setelah stopkran toren, pada aliran keluar ke jaringan rumah. Ini bertujuan bila tekanan pdam kuat tidak terus mengisi toren sampai banjir melalui bawah toren (lubang keluar toren), menghindari arus balik. Karena dr lubang ini tidak ada auto stop-nya


    Jadi prinsipnya sbb :
    a. PDAM tekanan kuat, akan mengisi toren melalui jalur pengisian (memgisi toren dr atas) dan ada pelampung utk auto stop.
    b. PDAM tekanan kuat, krn dipasang tabok pada aliran keluar toren, jadi tidak bisa timul arus balik (mengisi toren dr bawah)
    c. PDAM tekanan lemah, krn setelah meter dipasang tabok, air dari toren / air yg berada di jaringan tidak keluar lagi


    Tips itu berhasil ditempat saya.

    BalasHapus
  24. Malam mau tanya mas, sy dirumah pakai pompa yg langsung terhubung ke toren. Beberapa hari ini pompa menyala 4-5x sehari. Dan setelah pompa berhenti menyedot tanda air sudah cukup terisi pada toren, terdengar suara air mengalir di dinding kamar mandi hingga 3 jam berikutnya. Lalu pasti pompa menyala kembali menyedot air. Namun pada dinding kamar mandi tidak ada rembesan air. Apa yg harus saya lakulan ya mas. Apakah ada kebocoran di jalur pipa nya.

    BalasHapus
  25. Pak mohon infonya,saya sudah aplikasi system yang sama tapi kendalanya saat tekanan PDAM kuat tosen yang dipasang setelah stop kran tandon masih kalah kuat dengan tekanan PDAM akhirnya tandon meluber karena terisi dari jalur keluar tandon,sudah 2X ganti tosen(model PVC 10ribuan,serta Onda) tapi kasus masih sama.jika pake klep model tabok apakah bisa mengatasi hal ini.mohon infonya.terima kasih

    BalasHapus
  26. Saya mau nnya gan,sya kn sudh pasang klep tabok scra vertikal dlobang out put tandon hanya 1 aj.tp kl sy nyalakn stop kran ddkt lobang kluar, airx mgalir tapi knp meteranx berputar? Bgaimana carax, jika stop kran bgian lobang kluar air yg dtandon yg masuk k instalasi dlm rmh agar meteranx tdk berputar? Apa solusi nya gan.trimakasih...

    BalasHapus
  27. Bagaimana klo tekanan air masuk sangat kuat. Di daerah saya air di ambil dari pegunungan langsung. Dengan pipa 1 1/2inch. Mampu gk bola pelampung seperti pada deskripsi tsb menghentikan /kontrol suplay air gan?

    BalasHapus
  28. Kalau nomor 10 dan 11 tukar posisi bisa gk Mas?

    BalasHapus
  29. Terimakasih info yg bermanfaat saya akan coba walau saya kurang mengerti ttg sistim air

    BalasHapus
  30. ▷ Casino site that's rigged - LuckyClub
    Online casino no deposit luckyclub.live bonus codes for casinos that have their games running. It works perfectly at a casino with many bonuses including free spins, bonus spins,

    BalasHapus
  31. Saya minta solusi gan saluran air k rumah" sabgian lancar hanya satu dua yg tidak keluar sama sekali air nya cara ngatisinnya gimn ya supaya normal semua ketika semua kran pelanggan saya dibuka

    BalasHapus
  32. mohon info untuk biayanya pak, kira2 berpa pemasangan sesuai digambar?

    BalasHapus

Posting Komentar

Jika ada komentar/tambahan/koreksi silakan...

Postingan populer dari blog ini

PASANG POMPA SEBELUM KE TANDON